Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat-kiat Puasa Ramadan yang Bisa Diterapkan


Kiat-kiat Puasa Ramadan yang Bisa Diterapkan - Manfaat puasa Ramadan dapat kita rasakan setiap tahunnya, tubuh jadi lebih sehat dan bugar. Karena selama sebulan lamanya, isi perut yang biasanya bekerja tiada henti kita berikan waktu untuk istirahat.


Kiat-kiat Puasa Ramadan yang Bisa Diterapkan
Kiat-kiat Puasa Ramadan yang Bisa Diterapkan


 

Semoga puasa hari pertama kita bisa kuat dan bisa full sampai bedug Magrib ya, hehehe ... aamiin. Nah, pada postingan kali ini saya ingin membagikan kiat-kiat puasa Ramdan, agar tubuh tetap fit dan gizi tetap tercukupi. Seperti yang kita tahu gerak kita saat berpuasa tidak sebebas hari-hari biasanya ya kan?

 

Ini Dia 6 Kiat-kiat Puasa Ramadan yang Bisa Diterapkan

 

 

Ini Dia 6 Kiat-kiat Puasa Ramadan yang Bisa Diterapkan
Ini Dia 6 Kiat-kiat Puasa Ramadan yang Bisa Diterapkan

Konsumsi air putih yang cukup

 

Niat puasa sudah kita ucapkan, lantas apa lagi yang perlu diperhatikan? Adalah untuk mengonsumsi air putih yang cukup. Karena tubuh kita terdiri sebagian besar air ya kan? Agar kia tidak mengalami dehidrasi maka, usahakan untuk mengonsumsi ari putih.

 

Normalnya 8 gelas dalam sehari, tapi justru lebih dari itu akan lebih baik lagi. Mengapa air putih sangat penting untuk dikonsumsi? Karena air memiliki fungsi melancarkan sistem pencernaan, mengeluarkan racun dan juga kotoran. Ibaratnya air ini merupakan mediatransportasi nutri ke dalam sel-sel tubuh, maka kalau kekurangan air putih seret nutrisi bisa dampai dengan baik.

 

Mengurangi kegiatan yang menguras energi

 

Karena kita berpuasa dalam 12 jam ke depan, maka hindari kegiatany ang menguras energi ya. Simpan energimu agar tenaga tidak terkuras, apalagi untuk ibu rumah tangga yang kegiatannya tiada henti ya kan?

 

Berbuka puasa dengan sesuatu yang manis

 

Bagaimana pola makan yang benar saat berbuka puasa? Adalah dengan makan sesuatu yang manis, demikian juga Rosullullah SAW memberikan nasihat kepada kita umatnya.

 

Salah satu yang disunahkan adalah menyantap kurma, ketika berbuka pausa. Asupan gula bisa mengembalikan stamina tubuh yang lemas. Selain kurma tidak mengapa sih kalau di rumah tidak apa, misalnya minuman manis alias takjil tapi ingat jangan kebanyakan. Soalnya bisa menyebabkan kantuk hehehe ... puasa sehat ala Rosullulah yuk!

 

Berbuka puasa dengan pelan-pelan

 

Setiap mendekati buka puasa, rasanya mata ini sangat lapar ya? Apa yang terlihat di depan mata ingin dibeli dan disantap semuanya hehehe ... Padahal nih pas buka puasa minum air putih aja juga sudah cukup mengenyangkan. Jadi makanlah dengan pelan-pelan saja. Bisa bertahap, misalnya nih kurma atau takjil manis lebih dulu. Baru disusul dengan makanan berat setelah melakukan salat Magrib.

 

Cermat dalam memilih makanan

 

Saat kita puasa ramdan, otomatis kita akan makan dalam dua waktu, yaitu ketika sahur dan berbuka puasa. Nah, jagnan asal makan, enak, dan kenyang ya? Pilih yang bergizi, dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Tinggi protein dan serat justru yang lebih disarankan agar gizi dalam tubuh tetap seimbang.

 

Jaga pola tidur


puasa sehat ala rasulullah
kiat kiat puasa ramadhan


 

Selama bulan puasa, sebaiknya hindari untuk melakukan begadang, mengapa? Karena bisa jadi kita terlambat untuk bangun sahur, karena waktu tidur yang berkurang.

 

Kalau kita kurang tidur juga bisa berimbas kepada tubuh, tubuh jadi gampang lemas dan tidak bersemangat ketika melaksanakan pekerjaan.

 

Semoga 'Kiat-kiat Puasa Ramadan yang Bisa Diterapkan' di atas membuat puasa Ramadan yang kita laksanakan lancar sebulan penuh. Bulan yang penuh ampunan dan pahala berlipat ganda, jangan sampai kita sia-siakan begitu saja ya kan? Kita patut bersyukur sudah diberikan waktu dan kesempatan untuk bisa menikmati Ramadan kareem.

 

Posting Komentar untuk "Kiat-kiat Puasa Ramadan yang Bisa Diterapkan"