Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngabuburit Ramadan Asyik Di mana?


Ngabuburit Ramadan Asyik Di mana - Bulan Ramadan adalah bulan suci dan mulia, yang selalu dinantikan oleh umat Muslim di belahan bumi manapun. Karena hanya sebulan, biasanya pada berlomba-lomba meraih keberkahan di bulan puasa. Iya nggak?

 

Ngabuburit Ramadan Asyik Di mana
Ngabuburit Ramadan Asyik Di mana


Ramadan juga bulan yang sangat lekat dengan aktivitas keagamaan, sejumlah tradisi juga sangat dinanti-nantikan. Contohnya adalah tradisi berbuka puasa 'ngabuburit'. Sore yang sangat dinanti-nantikan, selain bedug buka puasa ya ngabuburit.

 
Istilah Ngabuburit

 

 

Nah, sebenarnya ngabuburit itu berasal dari bahasa Sunda, 'burit' yang artinya sore. Jadi kalau diambil kesimpulan ya, momen  yang paling ditunggu sore hari saat puasa Ramadan.

 

Kalau saya biasanya ngabuburit itu ya ngajak anak jalan-jalan bawa motor, dia selalu nagih untuk diajak jalan-jalan. Jadilah sekalian berburu makanan pembuka puasa.

 

Beberapa titik di perempatan, dan di pasar menjadi tempat yang pas untuk berburu makanan menjelang buka puasa. Aneka makanan dijajakan, baik makanan ringan, jajanan, lauk-pauk, segala macam es, dan lain sebagainya. Sampai bingung mau beli yang mana, lantas ingat selalu nggak akan mungkin habis termakan semua seperti yang sudah-sudah jadi belinya secukupnya hehehe ....

 

 
Rekomendasi Kegiatan Selama Ngabuburit Ramadan
 

 

Tradisi ngabuburit tidak hanya ramai di satu daerah, tapi hampir menyeluruh ke seluruh kota. Namanya juga mayoritas agama Islam, insyaAllah kegaitan ngabuburit ini termasuk yang paling seru sembari menunggu beduk buka.

 

Menurut survei yang dilakukan oleh Telkomsel 2023, dan diolah oleh Litbang Kompas/DEB kegiatan yang paling tinggi selama ngabuburit diduduki oleh 'menyiapkan makanan di rumah'. Lantas disusul adalah menonton siaran televisi, atau platform internet di rmah. Kemudian juga dengan berkeliling taman atau lingkungan rumah, membaca Al-Quran, menyelesaikan pekerjaan, bermain gim di rumah dan pergi ke mal atau pusat perbelanjaan.

 

Selain itu sebenarnya masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan selama ngabuburit, yaitu membaca buku yang  biasanya oleh Gramedia diplesetin jadi 'Ngabuburead'. Kegiatan membaca yang juga berhadiah. Yang suka baca buku nih, wajib banget ikutan. Suka baca buku dan ada hadiahnya wah ... mayan banget ya kan?

 

Ngabuburit Ala Ibu Rumah Tangga Bahagia


Ngabuburit Ala Ibu Rumah Tangga Bahagia
Ngabuburit Ala Ibu Rumah Tangga Bahagia


 

#Ea ... kunci rumah tangga awet itu ya ibu rumah tangga harus bahagia, ya kan? Selain ada ayah dan anak yang bahagia. Ibu menempati posisi pertama yang harus dibahagiakan, karena tanpa ibu rumah akan jadi berantakan dan tidak ada makanan rumahan yang enak. Betul?

 

Allhamdulillah saya memiliki suami yang tidak banyak mengatur, mau saya masak atau saya beli semua diserahkan kepada saya dan saya tahu diri hehehe ... kalau lagi sempat ya masak, kalau lagi ada kerjaan ngeblog atau menulis ya saya pilih membeli.

 

Membeli bukan berati boros kalau kata saya, membeli artinya kita juga membagi rejeki kepada pelaku UMKM yang membuka usaha. Saya juga ada warung di rumah, jadi ya ngerasain bagaimana kita butuh juga untuk membeli keperluan dari orang lain.

 

Nah bisanya kegaitan ngabuburit yang paling saya senang adalah, saya bisa mengupdate blog, saya bisa menonton drama Korea, dan juga membaca buku. Ketiga hal tersebut membuat saya bisa menyalurkan apa isi kepala, dan juga healing. Nggak perlu jauh-jauh ke luar rumah kalau saya butuh ngabuburit hehehe ... ter

 

Posting Komentar untuk "Ngabuburit Ramadan Asyik Di mana?"