Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Takjil Ramadan


Rekomendasi Takjil Ramadan - Ada yang salah kaprah soal takjil buka puasa itu apa? Selama ini takjil dikenal sebagai kata ganti makanan, padahal arti takjil dalam KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) memiliki makna 'mempercepat dalam berbuka puasa'.


Rekomendasi bikin takjil sendiri di rumah
Rekomendasi bikin takjil sendiri di rumah


 

Ta'jil atau takjil berakar dari kata 'ajila', yang takjil dalam bahsa arab artinya menyegerakan. Jadi arti takjil adalah perintah agar seseorang yang berpuasa menyegerakan untuk berbuka puasa.

 

Entah bagaimana seiring waktu ta'jil atau takjil berubah makna, menjadi makanan pembuka ketika seseorang puasa yang bisa dikonsumsi ketika Maghrib tiba.

 

Nabi Muhammad SAW, Rosulullah yang sangat kita panuti dan hormati ketika berbuka puasa beliau menyantap makanan takjil yakni kurma. Ada hadistnya juga, bunyinya demikian:

 

"Biasanya Rasulullah Shallallahualaihi Wasallam berbuka puasa dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat (Maghrib). Jika tidak ada ruthab maka dengan tamr (kurma matang), jika tidak ada tamr maka beliau meneguk beberapa teguk air." (HR. Abu Daud).

 

Rekomendasi bikin takjil sendiri di rumah

 

Nah karena takjil sudah umum digunakan sebagai kudapan pembuka, sebagai penyegera orang yang berpuasa. Saya akan merekomendasikan takjil Ramadan yang gampang sekali dibuat di rumah. Apa saja? Yuk baca sampai selesai:

 

Kolak Ubi atau Pisang

 

Yiha, karena saya penyuka ubi ketimbang pisang. Jadi saya seringnya membuat kolak  ubi. Tapi tidak masalah  juga jika keduanya dicampur menjadi satu. Kalau saya lebih pilih kolak ubi dicampur dengan pacar cina, hehehe ... lebih enak.

 

Cara membuat kolak ubi juga mudah, tinggal siapkan bahan ubi dan gula Jawa. Karena saya tidak suka santan, kolak saya murni dengan gula Jawa saja. Rasanya juga tidak kalah nikmat kok, hehehe ... Dan lebih awet juga ketimbang diberikan santan.

 

Es blewah

 

Entah kenapa setiap musim puasa tiba, orang jual blewah tu sering terlihat ketimbang hari-hari biasanya. Nah, es blewah ini juga cocok dijadikan menu takjil Ramadan.

 

Cara membuat es blewah, tinggal menyiapkan buah blewahnya dan gula pasir atau bisa diganti dengan sirup. Tambahkan es dan air mineral secukupnya. Sudah deh, es blewah bisa dinikmati dengan lahap.

 

Es cincau

 

Jujur diantara rekomendasi yang saya tulis ini, saya paling suka yang es cincau. Entah itu cincau hitam atau cincau hijau saya suka semuanya. Dan cincau bisa dicampur dengan sajian apapun. Mau dimasukkan ke dalam kolak, ke bubur, dengan sirup, dengan santan, dan lain sebagainya cocok.

 

Mau dicampur dengan wedang ronde juga oke, degan es kelapa muda apalagi hmm ... seger! Duh, ini kan masih puasa eh malah ngomongin minuman pembuka yang segar hahaha ....

 

Es kelapa dan jeruk


Rekomendasi bikin takjil sendiri di rumah
Rekomendasi bikin takjil sendiri di rumah


 

Entah kenapa orang seringkali sering membuaru minuman yang segar ya? Apa karena sudah berpuasa, menahan haus sepanjang hari jadi ingin menu pembuka yang segar dan manis hehehe ... sama saya juga dan itu wajar lho ya!

 

Nah ada rekomendasi takjil Ramadan yang tidak kalah enak untuk dinikmati, yakni campuran es kelapa dan jeruk peras yang kalau dicampur akan menghasilkan kudapan yang lezat. Tapi jangan lupa ditambahkan gula pasir, ini membuat minuman tersebut jadi manis. Setelah seharian berpuasa, minuman manis atau makanan manis itu wajib dikonsumsi lho teman-teman. Agar tenaga kita pulih kembali.

 

 

Bagaimana? Rekomendasi bikin takjil sendiri di rumah di atas manakah yang cocok untuk kamu konsumsi dan jadi favoritmu?

 

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Takjil Ramadan"