Jumat, 20 Maret 2020

Tips Sehat Menjaga Daya Tahan Tubuh untuk Mencegah Corona



Tips Sehat Menjaga Daya Tahan Tubuh untuk Mencegah Corona - Seluruh dunia sedang diuji kesabarannya dengan virus yang sudah jadi pandemi, COVID-19 atau biasa disebut dengan corona. Tercatat yang sudah terpapar virus corona di dunia ada 227.952 orang dan dari jumlah tersebut meninggal 9.312 orang, 85.985 sembuh.

tips sehat unik tips sehat alami tips hidup sehat tips kesehatan singkat tips sehat ala rasulullah tips kesehatan terbaru 2019 artikel tips kesehatan tips sehat 2019



Kabar buruknya berdasarkan data dari laporan online worldmeters.info, Indonesia menjadi negara ASEAN dengan korban meninggal tertinggi akibat COVID-19. Jadi tugas terpenting kita adalah menjaga  pola hidup sehat yang baik.

Di bawah ini ada tips sehat sederhana yang bisa kita praktikkan, untuk menjaga imun tubuh:

Wajib rutin untuk mencuci tangan

Dalam menghindari penularan virus corona, yang paling ditekankan oleh WHO dan peneliti kesehatan lain adalah rajin untuk mencuci tangan. Bahkan dalam waktu 60 detik sekali. Apalagi kalau sedang berada di lingkungan publik. Mencuci tangan tidak cukup dengan air saja, tetapi gunakan sabun.

Perbanyak konsumsi air putih

tips sehat unik tips sehat alami tips hidup sehat tips kesehatan singkat tips sehat ala rasulullah tips kesehatan terbaru 2019 artikel tips kesehatan tips sehat 2019


Rutinkan minum air putih setiap hari sebanyak satu liter, lebih banyak lebih bagus agar tidak dehidrasi. Karena virus corona bisa menyerang seseorang yang imun tubuhnya rendah, penting sekali untuk menjaga pola hidup sehat mulai diri sendiri dulu.

Hindari makanan tidak sehat

Junk food atau camilan snack yang kurang sehat, sebaiknya dihindari agar tidak memperburuk keadaan tubuh. Pilih makanan yang banyak mengandung mineral, vitamin dan nutrisi. Perbanyak buah-buhan dan sayuran.

Lakukan istirahat sejenak

Pemerintah Indonesia sudah memberlakukan dua pekan istirahat total untuk para pekerja, dan instansi terkait. Agar pekerjaan bisa dilakukan dari rumah (Work Form House), untuk menghindari wabah covid-19. Selain pertemuan besar, kumpulan dan lain sebagainya ditunda lebih dahulu. Karena penyebaran virus corona melalui kontak fisik, dengan orang lain.

Menjaga selalu kebersihan diri

Semua penyakit datangnya dari kebiasaan kita yang tidak sehat, maka penting untuk merawat kebersihan diri dan juga lingkungan. Atur ulang ruangan, kamar dan rumah untuk jadi bersih. Meski sepele, tetapi hal ini harus rutin dan jangan diabaikan. Kalau kita abai dengan kebersihan diri bakteri dan virus akan mudah menyerang.

Hindari meminjamkan benda pribadi

Benda pribasi seperti handuk, peralatan makan dan lain sebagainya sebaiknya dijaga dengan baik. Jangan dipinjamkan ke orang lain. Hal ini untuk menghindari atau dikhawatirkan air liur orang tersebut bisa menempel di benda pribagi, yang meningkatkan potensi penularan. Jika sudah terlanjur dipinjamkan, cuci dengan bersih setelah dikembalikan.

Semoga wabah virus corona segera musnah dan bisa ditangani, amiin. Bahkan wabah penyakit sudah diungkap Nabi Muhammad pada jaman beliau berdakwah. Berikut isi hadist beliau yang sudah diriwayatkan.

tips sehat unik tips sehat alami tips hidup sehat tips kesehatan singkat tips sehat ala rasulullah tips kesehatan terbaru 2019 artikel tips kesehatan tips sehat 2019


Dalam Shaih Bukhari dan Muslim diriwayatkan, Amir bin Saad bin Abi Waqqash, dari ayahnya bahwa dirinya pernah mendengar sang ayah bertanya kepada Usamah bin Zain, "Apa hadist yang pernah engkau dengan dari Rasulah soal wabah thaun?"

Usama menjawab dengan lantang, "Rasulullah pernah bersabda: Wabah thaun adalah kotoran yang dikirimkan oleh Allah terhadap sebagian kalangan bani Israil dan juga orang-orang sebelum kalian. Kalau kalian mendengar ada wabah thaun di suatu negeri, jangan kalian memasuki negeri tersebut. Namun, bila wabah thaun itu menyebar di negeri kalian, janganlah kalian keluar dari negeri kalian menghindar dari penyakit itu." (HR Bukhari-Muslim).

Dengan adanya virus corona ini, masyarakat seakan diingatkan oleh Allah untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan secara tidak langsung. Untuk berhati-hati dan menjaga pola hidup sehat. Semoga Tips SehatMenjaga Daya Tahan Tubuh untuk Mencegah Corona, dapat bermanfaat. Salam!

Baca juga : 



TRAVELING IMPIAN KE KARIMUNJAWA JADI KENYATAAN MESKI SEMPAT TERTUNDA KARENA VIRUS CORONA


Sumber dukungan artikel:

Suararelawan.com
Pexels.com
Canva.com

14 komentar:

  1. Bermanfaat sekali tulisannya dalam kondisi seperti sekarang ini semoga yg lain jg menerapkannya

    BalasHapus
  2. thanks mba tipsnya ditengah-tengah kekawatiran seperti ini, tips seperti ini sangat membantu dan membuat kita lebih berjaga-jaga lagi

    BalasHapus
  3. Efek positif Corona ya kita jadi semi OCD. Kalo selama ini kadang agak2 jorse, jadi mikir dulu sudah bersih belum ya 😂

    BalasHapus
  4. pandemi ini ngeri mbak, terlihat biasa saja tapi mematikan, hari ini saya menerima kabar duka, 2 orang yg saya kenal tutup usia karena suspect corona :( semoga kita sehat selalu ya mbak

    BalasHapus
  5. Efek virus ini bikin aku mengurangi jajan di kuar nih. Mending di rumah aja yang kebuktu kesterilan makanan atau minumannya biar badan retaonsehat bugar.

    BalasHapus
  6. Covid-19 memang penyakit menular yg mematikan, tdk pandang bulu dia masuk ke dlm tubuh seseorang . Salah satu upaya kita mencegah ya selain berdoa ya ikhtiar sehat seperti yg Mba tulis ini. Nice sharing Mba dan semoga makin banyak org yg awar terhadap pencegahan Covid-19 ini.

    BalasHapus
  7. Semoga dengan Pandemi ini semakin banyak Orang yang menerapkan pola hidup sehat dan meningkatkan kepedulian terhadap orang lain. Saling support saling mendo'akan semoga wabah corona segera berlalu. Amiiin Ya Rabb.

    BalasHapus
  8. Semoga Allaah segera angkat wabah ini dan kita bisa beraktivitas seperti biasa kembali.
    Allaah Maha sebaik-baik pemberi kemudahan.

    Nuhun Nyi, diingatkan...

    BalasHapus
  9. Aamiiin YRA mba...dan memang banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari bahaya virus ini

    BalasHapus
  10. Semoga penyakit ini segera berlalu ya mbaa dan noted nih udah ga minjemin barang-barang pribadi

    BalasHapus
  11. Iya mbak setuju, sebetulnya banyak hikmah ya karena banyak orang jadi lebih menjaga kebersihan. Kayak lingkungan rumahku tuh awalnya gak sebersih ini jadi pada aware deh sekarang.

    BalasHapus
  12. Ada satu yang kurang niiyy...menjaga jarak alias social distancing demi tidak tersebarnya virus Corona. Siapa tau kan ada orang yang kita temui merupakan carrier virus tanpa dia sendiri menyadarinya.

    BalasHapus
  13. Pandemi ini memang jadi pelajaran keras buat kita semua untuk lebih aware sama kebersihan dan kebersihan. Smeoga setelah virusnya pergi dan kita bisa beraktivitas normal, kebiasaan menjaga kebersihan dan kesehatan ini gak ikut hilang

    BalasHapus

6 Langkah Naik Transportasi Umum untuk Cegah Corona

6 Langkah Naik Transportasi Umum untuk Cegah Corona - Sarana publik dan transportasi umum, disadari atau tidak rentan terhadap penulara...