Sabtu, 28 Agustus 2021

Teman Kreasi Pekalongan Ikut Mengantarkan Smartfren Raih IDX Awards 2021

Teman Kreasi Pekalongan Ikut Mengantarkan Smartfren Raih IDX Awards 2021 - Pandemi membuat kita pontang-panting kebingungan menghadapinya. Tidak sedikit UMKM dan Perusahaan besar yaang tumbang karena perubahan yang begitu drastis. Bisa kita bayangkan yang tadinya Penjual Bakso berkeliling menjajakan dagangannya di sekolah-sekolah, Madrasah hingga perkantoran seolah dipaksa berhenti berjualan karena keadaan yang tidak memungkinkan. Banyaknya wabah hingga berimbas kepada daya beli masyarakat yang turun.





Namun dengan adanya pandemi, beberapa orang yang peduli dengan keadaan sekitar serta mempunyai kekuatan untuk berjuang akhirnya bersatu padu melakukan inovasi guna membantu berputarnya roda perekonomian di masyarakat. Awal-awal memang butuh penyesuaian, namun mau memulai kapan lagi kalau tidak sekarang?


Apa Sih Teman Kreasi Itu?

Teman Kreasi merupakan program CSR Smartfren di bidang industri kreatif. Teman Kreasi ini diluncurkan pertama kali pada bulan maret 2021 secara resmi dan Rumah Kreatif yang pertama didirikan aada di Kab. Bandung Barat. Melihat dari potensi anak negeri yang banyak dan unik, program Teman Kreasi diharapkan bisa menjadi peluang untuk generasi muda belajar sosiopreneurship dalam industri kreatif.




Beberapa program digalakan untuk mengimplementasikan visi misi Teman Kreasi. Ada 3 program utama:

  1. Kelas Online melalui media digital bertema pengembangan bisnis
  2. Event hibrid untuk promosi usaha dengan protokol kesehatan ketat
  3. Pendampingan atau Business Coaching seca virtual.


Diharapkan dengan program tersebut, Smartfren melalui Teman Kreasi bisa berpartisipasi untuk memajukan Bangsa. Untuk konsisten pada programnya, Teman Kreasi memiliki Keyword utama yaitu Peluang untuk berkreasi, Korelasi, Sosial Enterpreneur, local heroes dan Sustanable Community Development.


Logo Teman Kreasi

Sebagai generasi muda kita patut bangga dengan adanya wadah yang bisa menjembatani kreativitas dengan program pengembanggan diri. Teman kreasi memiliki filosofi kolaborasi kreasi, korelasi, sinergi yang tergambar dalam logonya. Logo Teman Kreasi memiliki arti bahwa kita perlu berkolaborasi kreasi untuk menciptakan produk unggulan yang kreatif dan menjual di masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19.





Misi Teman Kreasi adalah mengembangkan semangat korelasi dan kewirausahaan bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif di berbagai daerah dimana Smartfren Community berada. 


Kalau kita cermati, logo Teman Kreasi menyerupai anyaman yang juga bisa dibilang menggambarkan persatuan dan kerjasama. 



Smarfren Community

Smartfren Community sendiri terbentuk sejak tahun 2015. Jadi sudah berjalan 6 tahun. Dengan kurun waktu tersebut, Smartfren Community sudah memiliki member di 102 kota di Indonesia sekitar 90ribu. Smarfren Community memang membuka kesempatan bagi generasi muda untuk meningkatkan skilnya bersama Smartfren. 





Smartfren Community memiliki 2 program unggulan yaitu:

  1. Edukasi Literasi Digital ke masyarakat
  2. Pengembangan sosiopreneurship melalui Teman Kreasi


Sekarang ini di Smartfren Community memiliki 125 leader yang tersebar di tiap kota dan sudah menjaring sekitar 350 content creator. Dalam perjalanannya, Smartfren Community melakukan beberapa kunjungan ke sekolah-sekolah dan universitas di Indonesia serta sudah menginisiasi terbentuknya 32 pusat kreasi UMKM.



Lebih Dekat dengan Teman Kreasi Pekalongan


Teman Kreasi Pekalongan memiliki anggota yang usahanya bermacam-macam. Ada pula yyang bergerak dibidang startum aplikasi belanja rumahan dengan nama Pasar Sayoor yang dimiliki oleh Syaroful Azka. wirausahawan muda Pekalongan ini menekuni bidang agrikultur sejak muda. Pasar Sayoor ini merupakan aplikasi yang menghubungkan produk lokal dengan konsumen lokal. MItra dari Pasar Sayoor ini juga banyak, mulai dari petani, pedagang pasar, peternakan hingga para UMKM-UMKM lokal rumahan. Produk mereka dipasarkan online kepada pelaku bisnis, retail, hotel, restoran, warung makan, cafe hingga konsumen rumahan. Pemesanan bisa dilakukan dengan online, dan layanan antar.





Dengan banyaknya komiditas di kawasan Pekalongan dan sekitarnya, Pasar Sayoor merangkul berbagai pihak mulai dari petani hidroponik dan petani kentang. Inilah yang akan didorong oleh Teman Kreasi Pekalongan untuk mengembangkan wirausaha-wirausaha muda untuk mampu benar-benar membuka peluang sebanyak-banyaknya supaya berani mencoba untuk eksekusi langsung kreatifitas generasi muda yang memang sudah selayaknya ditularkan serta ditularkan dalam bentuk bisnis. Dan hal seperti itulah yang akan disuport oleh Teman Kreasi untuk Pengembangan wirausaha, management keuangan, SDM, pemasaran digital dan lalin sebagainya. Diharapkan dengan generasi muda terjun dan turut serta dalam Teman Kreasi, kedepannya para UMKM ini bisa berkembang menjadi lebih besar dan memberikan dampak positif untuk mereka dan sekitarnya. Sehingga kreatifitas akan terus berkembang.


Pencapaian gerakan Teman Kreasi Indonesia yang didukung UMKM Indonesia di IDX Awards 


Baru-baru ini gerakan sosial “Teman Kreasi Indonesia” yang diprakarsai oleh Smartfren telah dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik dan meraih Penghargaan Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021. ini menjadi pencapaian kedua setelah tahun sebelumnya Smartfren mendapatkan penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaan program corporate social responsibility, setelah pada 2020 lalu berhasil meraih penghargaan utama atas pengembangan Smartfren Community. 





Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan, “Smartfren mengucapkan terima kasih atas penghargaan Penghargaan dalam Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development yang diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia. Penghargaan yang kami terima selama dua tahun berturut-turut menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia.”


Ada banyak kegiatan dari Teman Kreasi di berbagai penjuru negeri. Setiap kota memiliki keunikannya masing-masing. Ada teman UMKM Cilacap dengan bazar onlinenya dari Jajan Mamake, ada Teman Kreasi Kabupaten Tangerang dengan Kopi dan Topi Bumbu serta masih banyak lagi.





Selamat dan sukses untuk Smartfren dengan pencapaiannya menerima Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Mudah-mudahan dengan adanya Teman Kreasi Indonesia, Pekalonagn dan kota-kota lainnya bisa ikut menyusul untuk menjadi lebih mandiri mengentaskan kemiskinan dan memberikan pemerataan kesejahteraan di masyarakat sekitar. aamiin. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Tempat Wisata Pekalongan yang Harus Dikunjungi

5 Tempat Wisata Pekalongan yang Harus Dikunjungi - Sudah pernahkah kamu berkunjung ke Kota Pekalongan? Pekalongan berada di Provinsi Jawa T...