Selasa, 28 Desember 2021

6 Perbedaan Pasar Tradisional dan Pasar Modern


6 Perbedaan Pasar Tradisional dan Pasar Modern - Siapa yang suka berbelanja kebutuhan di pasar modern? siapa yang lebih suka pasar tradisional? Atau justru keduanya. Tidak masalah tergantung kebutuhan yang dibeli ya kan?



sebutkan 10 perbedaan pasar modern dan pasar tradisional persamaan dan perbedaan pasar tradisional dan pasar modern 5 persamaan pasar tradisional dan pasar modern
6 Perbedaan Pasar Tradisional dan Pasar Modern


Setelah bercerita tentang pasar tradisional Muncang, Kabupaten Pemlang yang saya datangi setiap hari. Saya ingin menuliskan 'Perbedaan Pasar Tradisional dan Pasar Modern', siapa tahu bermanfaat.

 

Bagaimana dengan apa persamaan pasar tradisional dan pasar modern? Adalah sama-sama mengeluarkan uang sebagai alat tukar pembayaran. Benar begitu? Hehehe ...

 

 

Berikut Ini 6 Perbedaan Pasar Tradisional dan Pasar Modern

 

 

Kondisi Produk yang Dijual

 

Pada pasar tradisional barang yang dijual biasanya fresh dan langsung dipetik dari perkebunan, berbeda dengan pasar modern dipetiknya atau diambilnya tersimpan cukup lama. Misalnya nih sayuran, buah, daging, dan lain sebagainya karena bergam jenisnya. Namun di pasar tradisional, dipetiknya semalam dijualnya pagi jadi masih segar dan cocok dijadikan pilihan penyuka makanan segar.

 

Solidaritas Antar Penjual

 

Yang paling menarik dari berbelanja di pasar tradisional terdekat ini, adalah penjual bisa jadi rasa saudara kalau kita sering berbelanja di tempat mereka. Jadi pas lebaran gitu bisa mendapatkan semacam 'persen' bisa berupa pakaian, roti, sarung, dan lain seabgainya.

 

Berbeda dengan pasar modern, antara pedangang dan pembeli bersikap acuh karena biasanya pedagang yang ada di situ sebagai penjaga bukan pemilik langsung yang menjualkan.

 

Harga Jual Produk

 

Untuk harga produk pada setiap penjual pastilah berbeda, antara satu dengan yang lain tidak sama. Sementara untuk pasar modern semuanya sama dan tidak bisa dilakukan penawaran. Harganya lebih pasti dan bisa disesuaikan budget.

 

Fasilitas dan Kebersihan

 

Fasilitas antara Pasar Tradisional dan Pasar Modern, sungguh jauh berbeda. Ada AC dan suasana sejuk di pasar modern, sementara di pasar tradisional identik dengan bau yang tak sedap karena bercampur aduk. Tetapi pasar tradisional sekarang ini, banyak yang mulai berbenah dan semakin baik saja.

 

 

Sistem Jual Belinya

 

Untuk sistem jual beli pasar trasisional ada sistem tawar menawar harga. Sementara pasar modern sudah memiliki label harga pasti yang tidak bisa ditawar lagi. Pilihannya jatuh pada selera masing-masing. Ada yang nggak bisa menawar ada yang juga jago tawar. Saya kalau ke pasar tradisional bareng Ibu, wah ... jago tawar banget beliau.

 

 

Jam Buka Pasar

 

Jika Pasar Tradisional jam 3 pagi sudah buka, berbeda dengan Pasar Modern buka diantara jam 08.00 WIB atau jam 09.00 WIB. Sementara untuk jam tutupnya pasar tradisional setelah Dhuhur udah tutup seperti di Pasar tradisional Muncang, atau juga jam 4 sore. Berbeda dengan pasar modern, jam tutup mereka lebih malam sekitar pukul 22.00 WIB.


Demikian di atas 6 Perbedaan Pasar Tradisional dan Pasar Modern, mana yang sering kamu datangi untuk berbelanja? Yuk sharing.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rawat Kulit dengan Pond's Triple Glow Serum, Serum Pencerah Wajah Terbaik

Tak dipungkiri pertambahan usia membawa pengaruh pada kondisi kulit. Semakin tua usia kita, kulit pun menjadi lebih tipis dan cenderung lebi...