Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis Semen Mortar dan Fungsinya

Mengenal Jenis Semen Mortar dan FungsinyaSemen mortar memiliki beberapa jenis dan kegunaannya masing-masing. Keberadaan mortar bisa merekatkan semua material konstruksi. Dijamin material bangunan cepat menempel dan bertahan lama, apalagi mortar menjadi pengganti semen biasa karena memiliki sifat instan dan mudah digunakan.


harga mortar hebel 40 kg mortar plester jenis mortar
Mengenal Jenis Semen Mortar dan Fungsinya



Jenis Mortar dan Fungsinya


Sebelum membeli mortar, Anda harus mengetahui kebutuhan untuk konstruksi. Dengan begitu tak salah membeli dan budget pembuatan bangunan tidak membengkak. Berikut ada jenis mortar beserta fungsinya yang harus diketahui, antara lain:


1. Mortar Plester Dinding

Jenis mortar pertama adalah mortar plester dinding. Jenis tersebut cocok jika Anda memilih batu bata merah, mortar tersebut juga efektif untuk untuk pembuatan beton karena memiliki daya rekat yang kuat.

 

Hebatnya lagi, daya rekat mortar plester dinding tetap kuat walaupun diaplikasikan ke dinding menggunakan mesin semprot. Untuk kualitasnya tak diragukan lagi karena kualitas tetap terjaga saat dicampur dengan air, alhasil penggunaan mortar sangat efisien.

2. Mortar Keramik

Saat pemasangan keramik dinding maupun lantai juga membutuhkan semen mortar. Anda bisa memilih jenis mortar keramik yang memiliki kandungan merekatkan keramik tak mudah lepas. Walaupun Anda memasang keramik untuk eksterior, tetapi keramiknya tidak terangkat akibat pemuaian atau panas.

 

Mortar keramik juga memiliki daya rekat tinggi sehingga cocok untuk berbagai pemasangan keramik berbagai bangunan. Baik rumah, perkantoran, rumah sakit dan jenis bangunan lai lainnya.

3. Mortar Acian

Mortar Acian berfungsi untuk proses Acian dinding agar plesteran dinding lebih halus. Semua pori-pori dinding akan tertutup rapat dan sangat halus karena mortar acian.

 

Mortar acian juga berfungsi mencegah keretakan dinding dan membuat cat dinding lebih cerah. Alasannya karena hasil aciannya lebih rapi, bahkan mortar acian tidak menyerap bahan cat sehingga menghemat biaya pembelian cat. Pastinya cocok untuk berbagai jenis bangunan dan kerap digunakan untuk proyek bangunan.

 

Untuk harga mortar acian juga kompetitif sehingga bisa dijangkau semua kalangan. Walaupun budget bangunan minim tetapi bisa membeli mortar acian.

4. Mortar Thin Bed

Sementara jenis mortar thin bed berfungsi merekatkan bata ringan atau AAC. Mortar thin bed dikenal dengan istilah lem hebel karena daya rekatnya sangat kuat sehingga cocok diaplikasikan di bangunan bertingkat.

 

Hebatnya lagi, daya rekat mortar thin bed tetap kuat walaupun Anda mengoleskannya sedikit. Alhasil, jenis mortar tersebut efektif untuk bangunan bertingkat seperti rumah sakit, perkantoran maupun gedung pencakar langit.

 

Mengenal Jenis Semen Mortar dan Fungsinya
jenis mortar



Anda tak perlu bingung mencari merk mortar yang bagus karena banyak perusahaan konstruksi bangunan terpercaya. Apalagi kualitas semen mortar tak diragukan lagi dan digunakan masyarakat di berbagai penjuru. Mortar juga memiliki karakteristik yang membuatnya lebih unggul, diantaranya adalah mobilitas lebih bagus, bisa menahan rembesan air hujan, memiliki kemampuan penyimpanan air yang bagus, waktu pengeringan lebih cepat, memiliki deformabilitas rendah. Deformabilitas adalah daya peregangan, penyusutan atau pemuaian yang rendah.

 

Kegunaan mortar juga luas sehingga tak stoknya tak pernah habis. Kegunaannya adalah meningkatkan keamanan bangunan, bisa menambah nilai estetika bangunan, memastikan kesehatan penghuni karena terbuat dari bahan yang aman. Bahkan, mortar bisa mencegah timbulnya jamur pada teka beton yang memicu penyakit.

 

Semen mortar sangat dibutuhkan untuk bangunan karena banyak manfaatnya. Anda bisa membeli jenis mortar sesuai kebutuhan bangunan, Anda tak perlu bingung mencari mortar berkualitas karena bisa mengunjungi https://scgcbm.id/. Melalui situs resmi tersebut, Anda bisa melakukan pemesanan mortar dan bahan bangunan lain yang dibutuhkan. Pastinya semua produk yang tersedia berkualitas dan harganya ramah di kantong.

 

Sumber:

 

https://www.mapei.com/id/en/blog/detail/blog/2022/09/16/8-karakteristik-dan-kegunaan-mortar-yang-baik-bagi-bangunan-anda
https://ambpi.com/ketahui-jenis-dan-fungsi-mortar-instan-beserta-kelebihannya/https://www.klopmart.com/article/detail/jenis-mortar 
https://www.pexels.com/id-id/foto/semen-fotografi-fokus-selektif-2219024/

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis Semen Mortar dan Fungsinya"